Hakikat Permainan Bolavoli

Hakikat Permainan Bolavoli - Sobat pembaca masih banyak yang belum mengetahui apa itu permainan bola voli? Naah nanti kita akan menjabarkannya agar para pembaca paham tentang permainan bolavoli.

Permainan bolavoli merupakan salah satu cabang olahraga berbentuk memvoli bola di udara bolak-balik di atas jaring/net, dengan maksud menjatuhkan bola di dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan. Memantulkan bola ke udara dapat menggunakan bagian tubuh mana saja, asalkan perkenaannya harus sempurna. Permainan bolavoli dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing regu terdiri dari enam orang pemain.
Permainan bolavoli biasanya terdapat 4 peran penting pemain yaitu,  tosser (setter), spiker (smash)libero dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan. Dengan asas gotong-royong, kesenangan, dan kemampuan fisik, permainan bolavoli merupakan suatu alat untuk meningkatkan kesegaran jasmani, kesehatan statis, dinamis dan prestasi bagi para pemain. Dengan bermain voli akan berkembang unsur-unsur daya fikir, kemampuan, dan perasaan. Disamping itu, kepribadian berkembang dengan baik termasuk self control, disiplin, rasa kerja sama, dan rasa tanggung jawab terhadap apa yang diperbuatnya.
Menurut Suharno yang dikutip Ariyani Lynda (2009: 22) menyatakan bahwa bolavoli adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari enam (6) orang, bermain di lapangan dengan ukuran 18 x 9 meter, permainan dilakukan dengan cara memantulkan bola ke udara hilir mudik dengan syarat pemain bersih dan setiap pemain berusaha menjatuhkan bola ke lapangan lawan.
Permainan bola di udara (reli) berlangsung secara teratur sampai bola menyentuh lantai, “bola keluar” atau salah satu regu mengembalikan bola secara sempurna. Dalam permainan bolavoli siapa saja yang memenangkan reli mendapat angka (reli point scoring). Apabila regu penerima servis memenangkan reli, ia mendapat angka dan berhak untuk melakukan servis dan setiap pemain melakukan pergeseran satu posisi menurut arah jarum jam.
Untuk menunjang permainan bolavoli maka fasilitas adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan. Fasilitas dan alat-alat dalam permainan bolavoli diantaranya:
a.    Lapangan
Lapangan permainan bolavoli berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm. Dalam lapangan bolavoli juga dikenal dengan istilah garis 3 meter. Garis tersebut berfungsi sebagai batas wilayah penyerangan.
b.        Net/ jaring
Ukuran panjang 9.50 meter dan lebar 1 meter. Ukuran petak-petak jaring/ net (10x10) cm. Tali pemancang jarring kalau mungkin dengan kawat, bila tidak mungkin dapat memakai tali yang cukup kuat dan tidak terlalu lentur bila telah ditegangkan. Ukuran jaring untuk pria 2.43 meter dan untuk wanita setinggi 2.24 meter. Pada kedua samping jaring dipasang pita tegak lurus di atas pertemuan antara garis batas samping dan garis tengah selebar 5 cm.
c.    Rod/ tongkat
Rod dibuat dari bahan fiberglass ukuran panjang 180 cm garis
tengah 1 cm. Tongkat itu harus berwarna kontras dengan 10 cm panjang tiap-tiap bagian berwarna (merah-putih, hitam-putih). Tongkat dipasang tepat menempel daripada pita batas samping sebelah sampai tongkat menonjol 180 cm di atas tepi atas net.
d.   Bola
Bola harus bulat, terbuat dari kulit, bola dalamnya terbuat dari bahan lain yang semacam. Warna bola harus tunggal/ polos untuk di dalam ruangan warnanya harus terang. Keliling bola 65-67 cm. Berat bola 250-280 gr.

     Permainan bolavoli diharuskan menguasai beberapa teknik-teknik tertentu. Teknik ini erat sekali hubungannya dengan kemampuan gerak, kondisi fisik, taktik dan mental. Teknik dasar bolavoli harus betul-betul dipelajari terlebih dahulu guna dapat mengembangkan mutu prestasi permainan bolavoli. Penguasaan teknik dasar permainan bolavoli merupajan salah satu unsur yang ikut menentukan menang atau kalahnya suatu regu dalam pertandingan disamping unsur-unsur kondisi fisik, taktik dan mental.
Demikian atikel tentang hakikat permainan bolavoli semoga bermanfaat, jangan lupa like Fanspage kami & share yaa.

0 Response to Hakikat Permainan Bolavoli

Post a Comment